Kamis, 30 Juli 2015

Jurusan S1 Fisioterapi UMM

Pada awalnya saya belum terlalu paham dengan jurusan fisioterapi. Yang saya tahu sekilas tentang jurusan fisioterapi adalah untuk memperbaiki/rehabilitasi medic pada pasien yang mengalami gangguan pada otot dan tulang. Jurusan fisioterapi ini setahu saya masih sangat jarang apalagi SDM di daerah kami masih kurang dan masih dibutuhkan. Jujur saja jurusan ini bukan pilihan utama saya untuk kuliah. Jurusan utamanya adalah Fakultas Kedokteran Gigi dan Ilmu Gizi. Ternyata diterima di Fisioterapi Universitas Muhamamadiyah Malang (UMM) melalui jalur undangan (Bebas Test) . Ya nggak apa apa saya jalani saja, mungkin sudah jalan takdir, bisa masuk Fisioterapi syukur Alhamdulillah. Insya Allah nanti banyak manfaatnya buat orang lain.



Nama Saya Nadya Cahyani, Mahasiswi baru tahun 2015 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Jurusan Fisioterapi, Salam kenal buat teman-teman blogger yang berminat pada bidang keahlian Fisioterapi, semoga postingan ini  bermanfaat.

Program Studi S1 Fisioterapi UMM merupakan satu-satunya S1 Fisioterapi di Propinsi Jawa Timur yang disiapkan untuk mencetak Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan layanan untuk individu atau kelompok dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan manusia.
menurut beberapa artikel yang saya baca, S1 Fisioterapi di UMM masih tergolong baru, dimana saat ini baru memiliki tiga angkatan yaitu angkatan 2013, 2014 dan angkatan 2015. S1 Fisioterapi ini merupakan satu-satunya jurusan di FIKES yang kuliahnya bukan di Kampus II tetapi kuliah di Rumah Sakit UMM di lantai tiga dan empat tempat dimana diadakan tes kesehatan dan wawancara saat diterima di UMM.

Program Studi Fisioterapi diselesaikan selama 8 semester atau 4 tahun dengan gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft) dan dilanjutkan dengan pendidikan Profesi dengan gelar Fisioterapis (Physio). Lulusannya memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, namun dapat dikembangkan hingga Praktek Mandiri, Home care, klub-klub olah raga, Fitness center, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya (KONI, PSSI dll).
Keunggulan dari jurusan ini adalah prospek kedepan yang sangat menjanjikan karena dapat bekerja tidak hanya di rumah sakit pemerintah maupun swasta tetapi juga di fasilitas lainnya atau dapat membuka klinik fisioterapi sendiri setelah mendapatkan Surat Tanda Registrasi maupun Surat Izin Praktek. Selain itu sumber daya tenaga kesehatan keahlian fisioterapi masih sangat kurang dibandingkan dengan tenaga kesehatan lainnya.

1 komentar:

  1. kalo jurusan ips bisa ga masuk fisioterapi? testnya apa aja ya?

    BalasHapus